Header Ads

Kecelakaan Kapal di Lombok, 2 Orang Meninggal Dunia

Foto: ANTARA/Nyoman Budhiana

Jakarta, INSA - Kapal motor KM Gili CAT II yang mengangkut 35 orang penumpang wisatawan asing dan 4 orang anak buah kapal (ABK) mengalami kecelakaan saat bertolak dari Pelabuhan Laut Padangbai menuju Pelabuhan Gili Trawangan di Lombok Utara, Kamis (15/9) pagi sekitar pukul 09.35 WITA.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan, Hemi Pamuraharjo mengatakan bahwa kapal motor milik PT Samudera Ekspedisi Aman - Benoa yang dinakhodai Totok Wasito ini mengalami kejadian letupan pada sisi buritan.

"Pada pukul 09.25 WITA kapal diberangkatkan dari Pelabuhan Laut Padangbai, 10 menit kemudian pada pukul 09.35 WITA terjadi letupan tepatnya di buritan kapal, di bawah tempat duduk penumpang", jelas Hemi.

Akibat kejadian ini dilaporkan 2 orang meninggal dunia dan sejumlah penumpang mengalami luka-luka."Dalam kecelakaan ini 2 orang dinyatakan meninggal dunia, 9 orang luka berat, 10 orang luka ringan, dan sisanya sebanyak 18 orang dinyatakan selamat termasuk nakhoda kapal", ujar Hemi.

Untuk penanganan sejumlah korban langsung dilarikan ke RSUD Klungkung, Puskesmas Ulakan, dan RS.BMC Padangbai untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Lanjut Hemi, dari data manifest kapal tercatat seluruh penumpang kapal naas ini adalah wisatawan asing."Jumlah korban paling banyak adalah warga negara Inggris dan sisanya merupakan warga negara Spanyol, Perancis, Italia, Portugal, dan Irlandia", katanya.

Adapun penyebab kecelakaan kapal, saat ini belum dapat disimpulkan, "untuk penyebab kecelakaan sepenuhnya diserahkan kepada KNKT yang memiliki wewenang penyidikan terhadap penyebab kecelakaan kapal", ujarnya.

No comments