Header Ads

Faktor penting yang mempengaruhi dalam memilih Ballast Water Treatment Unit

Jakarta, eMaritim.com ~ Sungguh menarik sekali mendiskusikan Issu issu yang ada terutama terhadap 2 ( dua ) issu penting dalam dunia Maritim kita saat ini  pada khususnya dan Dunia Maritim pada umumnya. 

2 ( dua ) Issu penting ini sangat layak kita diskusikan dan renungkan karena memang berdampak langsung pada kita antara lain :

1. Mau tidak mau kita harus mengikuti regulasi yang akan berlaku secara international ini.

2. Dalam situasi Ekonomi dunia yang semakin melemah ini Ship Owner dan Operator diharuskan untuk pandai pandai memilih Peralatan atau System yang akan dipakainya agar selain  comply dengan regulasi juga ekonomis dan  akan berlaku diseluruh dunia dalam waktu dekat ini sehingga kapalnya akan dapat beroperasi dengan leluasa dan  pelayaran kita akan dapat beroperasi terus  kearea manapun dengan bebas .

Dua issu utama regulasi yang sudah barang tentu akan berdampak langsung pada pemilik kapal dan operator adalah:
  .
1. Regulasi mengenai Pengurangan Shulphur  Content bahan bakar.

2. Regulasi mengenai " Ballast Water Management System ".

Dari kedua Regulasi yang akan berlaku dalam waktu dekat dan berlaku secara International ini yang pertama yaitu :  Kadar sulphur ( Sulphur Content ) pada bahan bakar yang akan berlaku efektif January 2020 serta yang kedua adalah:  Ballast Water Management yang akan diberlakukan secara efektif tahun 2024.

Pada artikel ini kita akan membahas  faktor apa saja yang sangat berpengaruh dalam memilih Ballast Water Treatment System.

Seperti telah kita ketahui sebelumnya dalam artikel  Ballast Water Management System, salah satu pokok penting ialah adanya Ballast Water Treatment system yang harus sudah memenuhi syarat ( comply ) dengan Regulasi Ballast Water Management System.

Dalam regulasi yang diadopsi pada tahun 2004 ini ada satu hal yang harus digaris bawahi oleh Pemilik Kapal bahwa " Pemilik kapal harus memasang  Ballast Water Treatment System pada kapal miliknya baik pada bangunan kapal baru maupun kapal lamanya ( existing )."

Pemilihan Ballast Water Treatment sistem dan unitnya ini sangat beragam jenisnya dan yang paling utama ialah unit ini telah comply ( sesuai persyaratan )   dengan IMO Convention atau US Regulation dan bila telah terpasang tidak menimbulkan masalah dikemudian hari.
gambar: kurita.co.jp

Dan oleh sebab itu perlu diingat  tidak setiap System akan cocok bila diterapkan pada setiap kapal dan pemilik kapal hendaknya jeli mempertimbangkan beberapa faktor penting pada saat memilih suatu system yang dapat dipakai diatas kapal miliknya.

Bagaimana memilih Ballast Water Treatment System yang baik :

1. Peralatan dan system telah comply dan sesuai dengan regulasi yang berlaku .

2. Peralatan yang akan dipasang tidak akan mengganggu atau cocok bila dipasang di atas kapal.

3.Spesifikasi peralatan yang akan dipasang diatas kapal harus cocok dan tidak mengganggu peralatan lain yang ada diatas kapal.

4.  Lebih baik unit merupakan satu kesatuan ( Complete Unit ).

5. After sales Services dan Spare Parts terjamin.

6. Commisioning Test terjamin.
7.  Call center tersedia .

8. Adanya jaminan/ Garansi.

9.  Dokumentasi terjamin dan lengkap.

Itulah hal hal yang penting diperhatikan dalam pemilihan dan pemasangan unit Ballast Water Treatment untuk dikapal. ( Adiely Nduru)

No comments