Header Ads

4 ( empat ) Dangerous Job / Area diatas kapal yang perlu perhatian super ekstra hati hati.

Jakarta, Gotoseajobs.com - Bekerja diatas kapal sangat mengasyikan dan menyenangkan, dengan ditemani oleh belaian angin laut yang segar dan  alunan debur ombak sangat terasa kedamaian  dan keheningan yang mengitari .

Tapi dibalik itu semua tersimpan bahaya yang selalu siap menghadang dan siap menerkam siapapun yang bekerja di atas kapal.

Setelah beberapa tahun lalu di perkenalkan dan di Implementasikan nya sistem peraturan  ISM Code ( International Safety Management ) Code sangat terasa dampak dari pengimplementasian ini yaitu dengan adanya Penurunan angka terjadinya kecelakaan kerja yang berakibat pada menurunnya terjadinya Fatality ataupun kematian di atas kapal, luka luka ataupun LTI ( Loss Time Injury ). 

Dengan demikian bahwa memang ISM Code sangat berguna untuk penunjang  keselamatan kerja pelaut pelaut yang bekerja di atas kapal.

Diatas kapal kegiatan yang paling berbahaya yang mengandung resiko fatality atau kematian  pada saat bekerja meliputi  4 (empat )area pekerjaan,  inilah yang sangat berbahaya dan perlu perlu perhatian extra yaitu:

1. Mooring dan Unmooring.

2. Working at height

3. Hot Work

4. Entry into Enclose Space.

Ad. 1 . Mooring and Unmooring.
Kegiatan mooring dan unmooring adalah pekerjaan yang sangat rutiin sekali dan jenis pekerjaan ini tidak memerlukan PTW ( Permit To Work ), sehingga dalam pelaksanaannya seringkali tidak di dasari pada prosedur tetapi asal cepat selesai dan kebiasaan semata sehingga kemungkinan terjadinya kecelakaan sangat besar sekali.

2. Working at height bekerja pada suatu ketinggian.
Untuk jenis pekerjaan ini memerlukan PTW ( Permit To Work ) sehingga ada prosedurnya dan ada aturan mainnya, sehingga bila prosedure dilanggar maka kecelakaanlah yang  kemungkinan besar terjadi. Jadi betapa pentingnya prosedur , peralatan dan permit dalam pekerjaan ini.

Ad. 3 . Hot Work
Hot work hampir sama dengan Working at Height di area ini juga sangat memerlukan Prosedure dan Permit untuk melaksanakannya karena derajatnya sangat berbahaya sekali dan dapat mengakibatkan bahaya kebakaran sehingga special precaution dan special attention sangat diperlukan sekali misalnya:  pengadaan fire watcher.
Juga resikonya yang sangat besar sekali.

Ad. 4. Entry into Enclosed  Space.

Seperti ad. 2 dan  3 demikian pula yang ke 4 yaitu Entry into Enclosed Space di area pekerjaan ini diperlukan Procedure dan Permit To Work ( PTW ).
Pekerjaan di dalam ruangan tertutup ini sangat berbahaya dan oleh sebab itu perlu extra precaution ataupun extra personnel sebagai watcher pada saat pekerjaan dilaksanakan.

Satu lagi hal yang juga sangat penting ialah mempersiapkan Medical Aid dan Medicine sebagai penjagaan pada saat pengerjaan. ( AN )

No comments