KM Sembilang Terbakar Saat Docking, 3 Orang Meninggal Dunia

Indonesian Seafarers Career

Indonesian Seafarers Career
Loker Pelaut Indonesia

Links

KM Sembilang Terbakar Saat Docking, 3 Orang Meninggal Dunia

Ananta Gultom
Wednesday, 31 July 2019

 
Riau, eMaritim.com � Kejadian kecelakaan kapal kembali terjadi, kali ini kapal jenis Ro-Ro dengan  nama KM Sembilang terbakar saat docking di PT Karimun Marine Shipyard (KMS) pada Rabu (31/7/2019) pagi, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, Rabu (31/7/2019). Dikabarkan dikarenakan zat bahan campuran cat berjenis tiner yang menyebabkan timbulnya ledakan. Dalam kejadian ini tiga orang meninggal dunia.

Kebakaran terjadi ketika KM Sembilang sedang menjalani perbaikan di perusahaan galangan yang terletak di Kecamatan Meral Barat, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) itu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan, dua korban meninggal di lokasi kejadian, dan hingga kini belum dapat dievakuasi, sehingga namanya belum dapat diketahui. Sedang seorang korban lainnya yaitu Surja meninggal dalam perawatan di rumah sakit.

Menurut saksi mata, terdapat 29 orang pekerja berada dalam kapal saat kejadian. Sebanyak 10 di antaranya sudah dapat dievakasi  dan teridentifikasi, langsung dilarikan ke rumah sakit.

Sebanyak 10 orang yang teridentifikasi yaitu Mardanis, Deri Darmadi, Surja, M Nur, Rahman, Sudikun, M Arsyad, Agung, Saparudin dan Firman

KM Sembilang merupakan kapal penyeberangan, Roro (roll and roll) yang biasa beroperasi di Provinsi Kepri, bersama KM Lome dan KM Senangin.